Fungsi
Rangka Baja Ringan Dewasa ini bahan kayu sudah semakin susah, kayu
yang mempunyai kualitas bagus sudah jarang ditemukan. Bahan kayu
tergantikan oleh rangka baja ringan dan baja konvensional untuk rangka
atap rumah atau gedung. Sedangkan untuk kusen rumah tergantikan oleh
alumunium dan PVC. Rangka baja ringan dewasa ini semakin trend dipakai
untuk bahan bangunan. Baja ringan dapat dipakai untuk bangunan antara
lain: • Rangka atap baja ringan Pemakaian rangka atap baja ringan
untuk rumah sudah banyak dipakai. Di perumahan-perumahan real estate
saat ini hampir semuannya memakai baja ringan untuk rangka atap rumah
yang mereka bangun. Baja ringan yang dipakai biasanya jenis galvanis
atau galvalume/zincalume. Pemakain rangka baja ringan ini mempercepat
pekerjaan dan kualitas atap jadi lebih bagus Dan atap tahan terhadap
rayap dan masih banyak keunggulan lain dari rangka atap baja ringan. •
Rangka atap pergola Pemakaian rangka atap baja ringan untuk pergola
mempertimbangkan bahwa dengan memakai baja ringan maka perawatan untuk
pengecatan jadi berkurang. Sebab baja ringan tahan karat dan tidak
perlu dilakukan pengecatan sehingga biaya mantenen jadi hemat/murah.
i• Rangka partisi dinding Dahulu untuk rangka partisi orang cenderung
memakai rangka hollo atau kayu akan tetapi material ini mempunyai
kelemahan antara lain hollo semakin lama dapat berkarat sedangkan kayu
dapat termakan oleh rayap. • Struktur dinding. Baru-baru ini rangka
baja ringan juga di pakai untuk struktur bangunan baik itu struktur
permanen yang dipakai untuk bangunan dua lantai atau struktur bangunan
satu lantai. Pemakaian rangka baja ringan untuk struktur banyak dipakai
di Aceh untuk program bantuan bangunan penanggulangan korban sunami.
Pembangunan rumah rangka baja ringan ini di aceh dilakukan secara
massal. Pertimbangan memakai bahan ini adalah pembangunannya cepat
selesai sehingga segera dapat dihuni oleh korban sunami. Dengan
beraneka fungsi tersebut rangka baja ringan semakin dicari oleh
masyarakat untuk bahan bangunan menggantikan bahan kayu. Dengan memakai
baja ringan maka pencanangan pemerintah tentang Go Green dapat
diwujudkan yaitu illegal logging berkurang dan ditemukannya alternative
bahan lain yaitu rangka baja ringan.
Pada
dasarnya rangka kuda-kuda baja ringan harusnya bertumpu langsung pada
balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di
pikul oleh balok . Akan tetapi karena kondisi yang terjadi di lapangan
pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan untuk terhubung dengan balok
memerlukan koneksi . Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator baja
ringan / pemasang baja ringan untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja
ringan ini dengan balok melalui antara lain sebagai berikut : 1.
Sambungan rangka kuda-kuda dengan L braket . Penyambungan rangka
kuda-kuda baja ringan dihubungkan dengan screw. Sedangkan L braket
terhubung ke balok memakai dinabolt . Mengenai jumlah screw tergantung
dari pembebanan yang dihitung dan hasil dari perhitungan dari engineer.
2. Penyambungan dengan siku dibentuk dari truss yang dibentuk
menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dengan L braket .
Akan tetapi dengan menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yang
tidak terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah /
hemat . Akan tetapi apabila memakai bahan baru untuk dibentuk L braket
maka pemakaian truss untuk bahan ini jadi lebih boros . 3. Koneksi
berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka
kuda-kuda baja ringan yang berbentuk setengah kuda-kuda atau kuda-kuda
baja ringan yang menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda baja ringan
di klem dengan koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding Pemasangan L
braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar
pemasangan baja ringan benar-benar flat dan baik .
CANOPY BAJA RINGAN
Pada
umumnya canopy carport untuk atap mobil memakai baja konvensional
ataupun rangka hollo . Namun seiring perkembangan material bangunan
dapat pula dipakai baja ringan untuk canopy. Untuk bahan baja ringan
dapat dipakai jenis galvalum / zincalum atau galvanis . Dengan memadukan
baja ringan galvalum atau galvanis dengan policarbonat ataupun dengan
memakai genteng maka dapat tercipta canopy untuk carport yang nyaman
dan indah . Untuk tetap menjaga agar tampak canopy baja ringan dapat
lebih indah maka dibuatlah desain baja ringan yang minimalis dan
memakai sambungan braket sehingga tampak sambungan lebih rapi. untuk
desain yang mengutamakan kekuatan maka dapat didesain seperti desain
baja ringan konvensional. agar desain lebih hemat rangka batang
vertikal dapat dipakai reng baja ringan sebagai alternanif pengganti
truss baja ringan. Pemilihan rangka baja ringan sebagai canopy ini
menggeser baja / besi konvesional . Sebab dengan memakai baja ringan
jenis galvalum / zincalum atau galvanis ini tidak memerlukan perawatan
untuk pengecatan sebab material ini sudah tahan karat untuk waktu yang
lama.
Untuk
sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las
dan sambungan mur baut . Untuk baja ringan sambungan antara truss satu
dengan truss lain di pakai self drilling screw atau screw baja ringan .
Pemakaian screw ini disarankan sekali pakai saja sebab apabila dipakai
berulang-ulang maka drat dari baja ringan kemungkinan sudah rusak .
Screw ini bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah
berkurang . Perkuatan pada sambungan ini sangat penting sebab pada
sambungan inilah kekuatan dari struktur atap baja ringan . Apabila ada
screw pada sambungan yang kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang
. Maka perlu diperhatikan kekuatan sewaktu memasang screw tersebut .
jangan sampai berputarnya mata bur pada waktu memasang screw terlalu
banyak sebab hal ini bisa membuat screw baja ringan jadi kendor .
Sedangkan jumlah baut pada sambungan tidak boleh kurang dari 2 buah
atau ditentukan oleh desain engineer struktur baja ringan dan
dipengaruhi juga gaya batang dari truss baja ringan tersebut atau beban
yang berada diatas kuda-kuda dari rangkaian atap baja ringan tersebut.
Berbeda
dengan baja konvensional,baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang
memiliki sifat ringan dan tipis,namun memililki fungsi setara baja
konvensional. Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan
perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis,baja ringan memiliki derajat
kekuatan tarik 550 Mpa,sementara baja biasa sekitar 300 Mpa. Kekuatan
tarik dan tegangan ini untuk mengompensasi bentuknya yang tipis. Di
Indonesia 0,4 mm – 1 mm Rangka atap baja ringan memiliki beberapa elemen
yaitu kuda-kuda,reng,sekrup dan jurai dalam untuk mencegah tampias.
Kuda-kuda merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan.
Untuk mendapatkan kuda-kuda yang kokoh,cermati lebar bentangan dan besar
beban yang akan diterima,demikian pula dengan derajat kemiringan atap.
Ketebalan material baja ringan untuk kuda-kuda dan web berkisar 0,7-1
mm. Sementara untuk reng sekitar 0,4-0,7 mm. Perhitungan kuda-kuda baja
ringan amat berbeda dengan kayu,yakni cenderung lebih rapat. Semakin
besar beban yang harus dipikul,jarak kuda-kuda semakin pendek.
Misalnya,untuk genteng dengan bobot 75 kg/m2, maka jarak kuda-kuda
menjadi 1,2 m. Perhitungan ini pun masih dipengarahui banyk faktor.
Beberapa kelebihan dan kekurangan Baja ringan Kelebihan 1. karena
bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus
ditanggung oleh struktur dibawahnya lebih rendah. 2. baja ringan
bersifat tidak membesarkan api (non-combustile) 3. konsumen tidak
perlu kuatir masalah rayap 4. karena sifat materialnya ringan dan
mudah dirakit,bila dibandingkan rangka kayu pada luasan yang sama
pemasangan kerangka atap baja ringan. 5. baja ringan nyaris tidak
memiliki nilai susut. Kekurangan 1. kerangka atap baja ringan tidak
bisa diekspos seperti rangka kayu sistem rangka kayu,sistem rangkanya
yang berbentuk seperti jaring kurang menarik bila tanpa penutup
plafond. 2. karena strukturnya yang seperti jaring maka bila ada
salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian
lainnya. 3. rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang
dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. Pada konstruksi atap yang
berbentuk bundar akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka
kayu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar