TentangKami>

FUNGSI RANGKA BAJA RINGAN

Fungsi Rangka Baja Ringan Dewasa ini bahan kayu sudah semakin susah, kayu yang mempunyai kualitas bagus sudah jarang ditemukan. Bahan kayu tergantikan oleh rangka baja ringan dan baja konvensional untuk rangka atap rumah atau gedung. Sedangkan untuk kusen rumah tergantikan oleh alumunium dan PVC. Rangka baja ringan dewasa ini semakin trend dipakai untuk bahan bangunan. Baja ringan dapat dipakai untuk bangunan antara lain: • Rangka atap baja ringan Pemakaian rangka atap baja ringan untuk rumah sudah banyak dipakai. Di perumahan-perumahan real estate saat ini hampir semuannya memakai baja ringan untuk rangka atap rumah yang mereka bangun. Baja ringan yang dipakai biasanya jenis galvanis atau galvalume/zincalume. Pemakain rangka baja ringan ini mempercepat pekerjaan dan kualitas atap jadi lebih bagus Dan atap tahan terhadap rayap dan masih banyak keunggulan lain dari rangka atap baja ringan. • Rangka atap pergola Pemakaian rangka atap baja ringan untuk pergola mempertimbangkan bahwa dengan memakai baja ringan maka perawatan untuk pengecatan jadi berkurang. Sebab baja ringan tahan karat dan tidak perlu dilakukan pengecatan sehingga biaya mantenen jadi hemat/murah. i• Rangka partisi dinding Dahulu untuk rangka partisi orang cenderung memakai rangka hollo atau kayu akan tetapi material ini mempunyai kelemahan antara lain hollo semakin lama dapat berkarat sedangkan kayu dapat termakan oleh rayap. • Struktur dinding. Baru-baru ini rangka baja ringan juga di pakai untuk struktur bangunan baik itu struktur permanen yang dipakai untuk bangunan dua lantai atau struktur bangunan satu lantai. Pemakaian rangka baja ringan untuk struktur banyak dipakai di Aceh untuk program bantuan bangunan penanggulangan korban sunami. Pembangunan rumah rangka baja ringan ini di aceh dilakukan secara massal. Pertimbangan memakai bahan ini adalah pembangunannya cepat selesai sehingga segera dapat dihuni oleh korban sunami. Dengan beraneka fungsi tersebut rangka baja ringan semakin dicari oleh masyarakat untuk bahan bangunan menggantikan bahan kayu. Dengan memakai baja ringan maka pencanangan pemerintah tentang Go Green dapat diwujudkan yaitu illegal logging berkurang dan ditemukannya alternative bahan lain yaitu rangka baja ringan.
Pada dasarnya rangka kuda-kuda baja ringan harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok . Akan tetapi karena kondisi yang terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan untuk terhubung dengan balok memerlukan koneksi . Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator baja ringan / pemasang baja ringan untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dengan balok melalui antara lain sebagai berikut : 1. Sambungan rangka kuda-kuda dengan L braket . Penyambungan rangka kuda-kuda baja ringan dihubungkan dengan screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt . Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yang dihitung dan hasil dari perhitungan dari engineer. 2. Penyambungan dengan siku dibentuk dari truss yang dibentuk menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dengan L braket . Akan tetapi dengan menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yang tidak terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah / hemat . Akan tetapi apabila memakai bahan baru untuk dibentuk L braket maka pemakaian truss untuk bahan ini jadi lebih boros . 3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan yang berbentuk setengah kuda-kuda atau kuda-kuda baja ringan yang menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda baja ringan di klem dengan koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan baja ringan benar-benar flat dan baik .

CANOPY BAJA RINGAN
Pada umumnya canopy carport untuk atap mobil memakai baja konvensional ataupun rangka hollo . Namun seiring perkembangan material bangunan dapat pula dipakai baja ringan untuk canopy. Untuk bahan baja ringan dapat dipakai jenis galvalum / zincalum atau galvanis . Dengan memadukan baja ringan galvalum atau galvanis dengan policarbonat ataupun dengan memakai genteng maka dapat tercipta canopy untuk carport yang nyaman dan indah . Untuk tetap menjaga agar tampak canopy baja ringan dapat lebih indah maka dibuatlah desain baja ringan yang minimalis dan memakai sambungan braket sehingga tampak sambungan lebih rapi. untuk desain yang mengutamakan kekuatan maka dapat didesain seperti desain baja ringan konvensional. agar desain lebih hemat rangka batang vertikal dapat dipakai reng baja ringan sebagai alternanif pengganti truss baja ringan. Pemilihan rangka baja ringan sebagai canopy ini menggeser baja / besi konvesional . Sebab dengan memakai baja ringan jenis galvalum / zincalum atau galvanis ini tidak memerlukan perawatan untuk pengecatan sebab material ini sudah tahan karat untuk waktu yang lama.
Untuk sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las dan sambungan mur baut . Untuk baja ringan sambungan antara truss satu dengan truss lain di pakai self drilling screw atau screw baja ringan . Pemakaian screw ini disarankan sekali pakai saja sebab apabila dipakai berulang-ulang maka drat dari baja ringan kemungkinan sudah rusak . Screw ini bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah berkurang . Perkuatan pada sambungan ini sangat penting sebab pada sambungan inilah kekuatan dari struktur atap baja ringan . Apabila ada screw pada sambungan yang kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang . Maka perlu diperhatikan kekuatan sewaktu memasang screw tersebut . jangan sampai berputarnya mata bur pada waktu memasang screw terlalu banyak sebab hal ini bisa membuat screw baja ringan jadi kendor . Sedangkan jumlah baut pada sambungan tidak boleh kurang dari 2 buah atau ditentukan oleh desain engineer struktur baja ringan dan dipengaruhi juga gaya batang dari truss baja ringan tersebut atau beban yang berada diatas kuda-kuda dari rangkaian atap baja ringan tersebut.

Berbeda dengan baja konvensional,baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis,namun memililki fungsi setara baja konvensional. Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis,baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik 550 Mpa,sementara baja biasa sekitar 300 Mpa. Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengompensasi bentuknya yang tipis. Di Indonesia 0,4 mm – 1 mm Rangka atap baja ringan memiliki beberapa elemen yaitu kuda-kuda,reng,sekrup dan jurai dalam untuk mencegah tampias. Kuda-kuda merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan. Untuk mendapatkan kuda-kuda yang kokoh,cermati lebar bentangan dan besar beban yang akan diterima,demikian pula dengan derajat kemiringan atap. Ketebalan material baja ringan untuk kuda-kuda dan web berkisar 0,7-1 mm. Sementara untuk reng sekitar 0,4-0,7 mm. Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu,yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul,jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya,untuk genteng dengan bobot 75 kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2 m. Perhitungan ini pun masih dipengarahui banyk faktor. Beberapa kelebihan dan kekurangan Baja ringan Kelebihan 1. karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya lebih rendah. 2. baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustile) 3. konsumen tidak perlu kuatir masalah rayap 4. karena sifat materialnya ringan dan mudah dirakit,bila dibandingkan rangka kayu pada luasan yang sama pemasangan kerangka atap baja ringan. 5. baja ringan nyaris tidak memiliki nilai susut. Kekurangan 1. kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu sistem rangka kayu,sistem rangkanya yang berbentuk seperti jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafond. 2. karena strukturnya yang seperti jaring maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya. 3. rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. Pada konstruksi atap yang berbentuk bundar akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar